DAMPAK MEDIA SOSIAL PADA IDENTITAS KEAGAMAAN REMAJA MUSLIM
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian untuk menjelaskan dan mendeskripsikan dampak media sosial pada identitas keagamaan remaja muslim. Metode penelitian dengan kualitatif melalui studi Pustaka. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan pengolahan data dengan reduksi, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian: (1) sosial media: platform yang memungkinkan seseorang untuk mencari informasi dan berkomunikasi secara jarak jauh. (2) identitas keagamaan: remaja mencari jati diri yang dipengaruhi oleh nilai-nilai agama untuk diaplikasikan dalam kehidupan mereka. (3) dampak media sosial pada identiotas keagamaan remaja: dampak positif yaitu membantu remaja Muslim untuk terhubung dengan komunitas keagamaan mereka, berbagi pengalaman, dan mendapatkan dukungan, menjadi sarana untuk berdiskusi, berbagi informasi keagamaan, dan memperkuat ikatan keagamaan. Dampak negatif: dapat menyebabkan ketergantungan, dapat mempengaruhi pemahaman dan persepsi negatif remaja terhadap ajaran agama dan lain sebagainya.