IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK PRIBADI ISLAMI PESERTA DIDIK

Main Article Content

Ach Baidowi
Sabila Putri

Abstract




Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi Pendidikan karakter dalam membentuk pribadi Islami. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data: wawancara kepada 1 kepala sekolah, 2 guru, 3 wali murid, dan peserta didik. Teknik pengolahan data: reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data: kredibelitas (triangulasi Teknik dan sumber). Hasil penelitian menunjukan: (1) Implementasi kegiatan kurikuler: peserta didik dapat memahami dan menginternalisasi nilai-nilai kejujuran, kebaikan, kerendahan hati, dan kasih sayang. (2) Implementasi kegiatan kokurikuler: Berkembangnya kesabaran, toleransi, dan empati, yang merupakan bagian integral dari pribadi islami. (3) Hasil Implementasi kegiatan kurikuler: Dapat mengembangkan keterampilan sosial seperti kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan, yang merupakan aspek penting dalam pendidikan karakter islami. (4) Hasil implementasi kegiatan kokurikuler: peserta dapat mengembangkan karakter Islami yang kuat, seperti kejujuran, toleransi, dan altruisme.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK PRIBADI ISLAMI PESERTA DIDIK. (2024). AL MUNTADA, 2(1), 23-31. https://ejournal.stpdnlebakbanten.ac.id/index.php/almuntada/article/view/12
Section
Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK PRIBADI ISLAMI PESERTA DIDIK. (2024). AL MUNTADA, 2(1), 23-31. https://ejournal.stpdnlebakbanten.ac.id/index.php/almuntada/article/view/12