IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK PRIBADI ISLAMI PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi Pendidikan karakter dalam membentuk pribadi Islami. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data: wawancara kepada 1 kepala sekolah, 2 guru, 3 wali murid, dan peserta didik. Teknik pengolahan data: reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data: kredibelitas (triangulasi Teknik dan sumber). Hasil penelitian menunjukan: (1) Implementasi kegiatan kurikuler: peserta didik dapat memahami dan menginternalisasi nilai-nilai kejujuran, kebaikan, kerendahan hati, dan kasih sayang. (2) Implementasi kegiatan kokurikuler: Berkembangnya kesabaran, toleransi, dan empati, yang merupakan bagian integral dari pribadi islami. (3) Hasil Implementasi kegiatan kurikuler: Dapat mengembangkan keterampilan sosial seperti kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan, yang merupakan aspek penting dalam pendidikan karakter islami. (4) Hasil implementasi kegiatan kokurikuler: peserta dapat mengembangkan karakter Islami yang kuat, seperti kejujuran, toleransi, dan altruisme.