PENDIDIKAN ISLAM INKLUSIF: MEMAHAMI KEBUTUHAN SISWA DISABILITAS

Main Article Content

Dadan Sunandar
Ach Baidowi

Abstract




Tujuan penelitian untuk menjelaskan tentang pendidikan Islam dalam memahami kebutuhan siswa disabilitas. Metode penelitian dengan kualitatif melalui studi pustaka. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi. Pengolahan data dengan reduksi, penyajian dan penyimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian: (1) Siswa disabilitas: siswa yang memiliki gangguan secara fisik ataupun psiskis. (2) Pendidikan islam inklusif: pembelajaran nilai – nilai Islam yang dilakukan secara mendalam dan menyuluruh kepada siswa. Pendidikan islam inklusif dalam memahami kebutuhan siswa disabilitas: warga sekolah memahami nilai-nilai Islami tentang persaudaraan, persamaan, kebebasan, hubungan antar sesama, perlindungan, musyawarah, keadilan, dan ‘amar ma‘ruf nahi munkar bagi siswa disabilitas di sekolah.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PENDIDIKAN ISLAM INKLUSIF: MEMAHAMI KEBUTUHAN SISWA DISABILITAS. (2023). AL MUNTADA, 1(2), 73-84. https://ejournal.stpdnlebakbanten.ac.id/index.php/almuntada/article/view/9
Section
Articles

How to Cite

PENDIDIKAN ISLAM INKLUSIF: MEMAHAMI KEBUTUHAN SISWA DISABILITAS. (2023). AL MUNTADA, 1(2), 73-84. https://ejournal.stpdnlebakbanten.ac.id/index.php/almuntada/article/view/9

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.