PENGGUNAAN STRATEGI SELF MANAGEMENT TERHADAP PERUBAHAN PRILAKU DISIPLIN SISWA
Main Article Content
Abstract
Perilaku disiplin adalah perilaku yang harus dimiliki oleh setiap individu, termasuk peserta didik, melalui proses pembiasaan sejak dini. Perilaku ini mencerminkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, dan ketertiban sesuai norma yang berlaku. Peserta didik yang disiplin akan menunjukkan ketaatan dalam mematuhi peraturan sekolah, yang merupakan tempat untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, kecerdasan emosional, dan perkembangan emosi. Perubahan perilaku disiplin siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal mencakup ranah kognitif, minat, dan motivasi, sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Kedua faktor ini berperan besar dalam perubahan perilaku siswa. Untuk menangani perilaku tidak disiplin, strategi self- management dapat diterapkan. Strategi ini mendorong siswa untuk mengelola dirinya sendiri dan berubah menjadi lebih disiplin, meskipun memerlukan waktu dan kesabaran dalam proses bimbingan tanpa paksaan dari orang lain