METODE BIMBINGAN GURU AGAMA DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA
Main Article Content
Abstract
Madrasah Tsanawiyah As-Sholihen adalah salah satu sekolah swasta yang terletak di Dusun Genteng Desa Batukerbuy Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Sekolah ini adalah salah satu sekolah menengah pertama yang berbasis agama. Meskipun sudah menerapkan pendidikan akhlak kepada siswanya, observasi awal menunjukkan masih ada berbagai permasalahan perilaku di sekolah ini. Banyak siswa yang tidak mematuhi peraturan sekolah, seperti aturan berpakaian, komunikasi antar teman, intimidasi, serta sering terlambat masuk. Penelitian ini fokus pada (1) metode bimbingan yang digunakan guru agama untuk membentuk akhlak siswa di MTs As-Sholihen, dan (2) bagaimana pelaksanaan metode bimbingan tersebut. Dengan pendekatan kualitatif fenomenologis, data diperoleh dari kepala sekolah, guru agama, dan siswa melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data dijamin melalui observasi terus-menerus, pemeriksaan sejawat, dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode bimbingan yang digunakan guru agama meliputi bimbingan individu dan kelompok, dan (2) pelaksanaannya melalui tahapan-tahapan seperti pengungkapan masalah secara individu dan kelompok, serta pemecahan masalah. Tujuan dari metode ini adalah membantu siswa memecahkan masalah dan mengembangkan akhlak yang baik.