KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DENGAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH

Main Article Content

Nurhasin Badarudin
Aizah Aizah
Nur Khotimah
Moh Jalaluddin

Abstract




Penelitian ini menyoroti pentingnya komunikasi antara kepala sekolah dan guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTS Bustanul Ulum. Kepala sekolah diharapkan memiliki kemampuan untuk mengatur, menjamin, dan mengarahkan guru- guru agar efektif dalam tugas mendidik siswa. Fokus penelitian terbagi menjadi dua: pertama, bagaimana komunikasi tersebut memengaruhi kedisiplinan siswa; kedua, bentuk komunikasi yang digunakan. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan penting. Pertama, kepala sekolah memberi ruang aspirasi kepada guru-guru, memberikan kebebasan untuk menunjukkan kreativitas dalam mendidik siswa, dan menjaga hubungan kekeluargaan di luar jam kerja. Kedua, kepala sekolah berupaya transparan dalam mengelola sekolah dan memberi informasi serta kesempatan kepada guru. Ketiga, kepala sekolah aktif berdialog dan musyawarah saat ada permasalahan yang melibatkan sekolah dan guru. Kesimpulannya, komunikasi yang baik antara kepala sekolah dan guru BK dapat berkontribusi positif terhadap kedisiplinan siswa di sekolah tersebut.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DENGAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH. (2024). AL MUNTADA, 2(1), 13-22. https://ejournal.stpdnlebakbanten.ac.id/index.php/almuntada/article/view/13
Section
Articles

How to Cite

KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DENGAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH. (2024). AL MUNTADA, 2(1), 13-22. https://ejournal.stpdnlebakbanten.ac.id/index.php/almuntada/article/view/13

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.