PENGGUNAAN STRATEGI SELF MANAGEMENT TERHADAP PERUBAHAN PRILAKU DISIPLIN SISWA

Main Article Content

Nia Indah Sari
Eva Rosita
Nur Imamah
Yanto Yanto

Abstract




Perilaku disiplin adalah perilaku yang harus dimiliki oleh setiap individu, termasuk peserta didik, melalui proses pembiasaan sejak dini. Perilaku ini mencerminkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, dan ketertiban sesuai norma yang berlaku. Peserta didik yang disiplin akan menunjukkan ketaatan dalam mematuhi peraturan sekolah, yang merupakan tempat untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, kecerdasan emosional, dan perkembangan emosi. Perubahan perilaku disiplin siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal mencakup ranah kognitif, minat, dan motivasi, sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Kedua faktor ini berperan besar dalam perubahan perilaku siswa. Untuk menangani perilaku tidak disiplin, strategi self- management dapat diterapkan. Strategi ini mendorong siswa untuk mengelola dirinya sendiri dan berubah menjadi lebih disiplin, meskipun memerlukan waktu dan kesabaran dalam proses bimbingan tanpa paksaan dari orang lain




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PENGGUNAAN STRATEGI SELF MANAGEMENT TERHADAP PERUBAHAN PRILAKU DISIPLIN SISWA. (2024). AL MUNTADA, 2(2), 70-77. https://ejournal.stpdnlebakbanten.ac.id/index.php/almuntada/article/view/19
Section
Articles

How to Cite

PENGGUNAAN STRATEGI SELF MANAGEMENT TERHADAP PERUBAHAN PRILAKU DISIPLIN SISWA. (2024). AL MUNTADA, 2(2), 70-77. https://ejournal.stpdnlebakbanten.ac.id/index.php/almuntada/article/view/19

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.