PENDEKATAN PSIKOLOGI ISLAMI DALAM MEMBANGUN KESEJAHTERAAN MENTAL SISWA

Main Article Content

Siti Sonia
Miftahul Hayat
Eva Rosita

Abstract




Tujuan penelitian untuk menjelaskan tentang pendekatan psikolgis islam dalam membangun kesehatan mental siswa di sekolah. Metode penelitian dengan kualitatif melalui studi Pustaka. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi sedangkan teknik pengolahan data dengan kondensasi, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian: (1) psikologi islam adalah proses integrasi nilai-nilai islam melalui pendekatan psikologis. (2) kesejahteraan mental siswa adalah kondisi jiwa siswa yang merasa aman dan nyaman selama belajar di sekolah. (3) pendekatan psikologis dalam membangun kesehatan mental siswa: pertama pendekatan structural dengan memahami pengalaman belajar siswa. Kedua pendekatan fungsional dengan memahami perilaku siswa yang agamis mampu membangun kesejahteraan mental siswa. Dan ketiga pendekatan psiko-analisis dengan memahami pendidikan agama mampu membangun jiwa siswa yang agamis hingga mampu membangun kesejahteraan siswa di sekolah.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PENDEKATAN PSIKOLOGI ISLAMI DALAM MEMBANGUN KESEJAHTERAAN MENTAL SISWA. (2023). AL MUNTADA, 1(2), 62-72. https://ejournal.stpdnlebakbanten.ac.id/index.php/almuntada/article/view/8
Section
Articles

How to Cite

PENDEKATAN PSIKOLOGI ISLAMI DALAM MEMBANGUN KESEJAHTERAAN MENTAL SISWA. (2023). AL MUNTADA, 1(2), 62-72. https://ejournal.stpdnlebakbanten.ac.id/index.php/almuntada/article/view/8

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.